Mengenai Saya

Foto saya
Sudah semestinya kita berbagi. Tapi hanya kebahagiaan yang ingin kubagi padamu sahabat. Sedangkan kesedihan dan duka lara, adalah kebahagiaan juga. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memandang semua kedukaan menjadi kebahagiaan dimata hatinya. Pasti kitalah orang-orang terpilih itu. "Pursuit to Happyness"

Jumat, 02 Mei 2008

MANAJEMEN KEBAKARAN

Seperti tadi saya sampaikan, kita sering berhadapan dengan tugas-tugas yg menumpuk dan menuntut untuk diselesaikan dalam waktu yg bersamaan.

Akibatnya, kita seperti merasa ada yg mengejar siang malam. Yang mengejar kita itu adalah Target dan Deadline. Ketika sudah samapi di ambang pintu, kita sering merasa "kebakaran", dan muncullah istilah "manajemen kebakaran". Apakah "manajemen kebakaran" itu baik atau buruk? Menurut saya bisa kedua-duanya. Buruk jika hal itu muncul sebagai akibat dari kemalasan kita dan sifat menunda-nunda pekerjaan. Manajemen waktu kita berantakan, sementra kita tidak bisa "memaksa" diri kita untuk disiplin. Namun, "manajemen kebakaran" bisa jadi merupakan hal yg baik, karena hal itu menunjukkan bahwa kita memiliki prioritas dan urgensi yang sama kuat untukberbagai (banyak) kegiatan yg kita hadapi; bukan karena kemalasan. Justru situasi yang "genting dan menegangkan" ini akan menjadi kenikmatan sendiri ketika kita bisa menyikapinya dengan positif. Dampaknya, kita akan bisa menghasilkan karya "linuwih" dibanding orang lain.

Saya pribadi masih percaya pada peribahasa Jepang "Kajiba no baka tikara", yang artinya "Incredible power comes out at the fire emergency". Potensi kita baru akan terlihat nyata ketika kita berhadapan dengan berbagai kesulitan, dan kita MAMPU keluar sebagaiPEMENANG. Saat itulah, terasa betul kita "fly", hehehe...Yang pasti, waktu yang disediakan Tuhan bagi semua makhluk di alam semesta sama 24 jam. Dengan waktu yang sama tadi ada yang bisa menghasilkan karya-karya monumental, namun ada pula yang tidak menghasilkan apapun. Saya yakin, sahabat semua tidak ingin masuk golongan kedua ...
Tri Widodo.W.U, SH., MA

Tidak ada komentar: